Makanan Sehat Penambah Darah (Anemia)

Makanan Sehat Penambah Darah (Anemia)

Makanan Sehat Penambah Darah (Anemia) | Sel darah merah atau eritrosit menjadi komponen penting yang berperan sebagai pengedar oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Jumlah eritrosit di dalam tubuh harus seimbang, tidak boleh terlalu lebih ataupun kurang. Berkurangnya sel darah merah mengakibatkan penyakit anemia atau kurang darah atau darah rendah.

makanan penambah tekanan darah

Kekurangan sel darah merah atau hemoglobin dalam darah bisa menyebabkan kondisi yang disebut anemia. Hemoglobin sendiri digunakan untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Untuk meningkatkan jumlah darah merah, Anda bisa mengonsumsi makanan tertentu. Apa saja? Berikut adalah delapan makanan penambah darah yang bisa mengatasi anemia, seperti dilansir Boldsky.

  1. Kurma

Kurma kaya akan zat besi, vitamin C, vitamin B kompleks, dan antioksidan. Anda bisa makan kurma secara teratur untuk mengontrol jumlah darah merah di tubuh Anda.

  1. Apel

Apel adalah sumber zat besi yang juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Buah ini dapat meningkatkan kadar hemoglobin sehingga dapat mengobati anemia. Makan satu apel per hari untuk mengontrol jumlah darah merah Anda.

  1. Pisang

Pisang kaya akan zat besi, kalium dan vitamin dan mineral penting untuk tubuh. Makan satu pisang per hari tidak hanya bisa menyembuhkan anemia, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan seluruh tubuh Anda.

  1. Kismis

Kismis kaya akan zat besi, kalsium, kalium dan nutrisi lainnya. Anda bisa menyantap kismis setiap hari untuk meningkatkan kadar darah Anda.

  1. Madu

Madu kaya zat besi, vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Anda dapat menikmatinya bersama jus lemon untuk meningkatkan jumlah hemoglobin di tubuh. Ini adalah salah satu solusi alami yang efektif untuk meningkatkan jumlah darah dan mengobati anemia.

  1. Buah jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C yang membantu dalam penyerapan zat besi dalam darah. Buah citrus, seperti lemon, jeruk, dan jeruk nipis, bisa mengatasi anemia.

  1. Delima

Delima kaya zat besi, protein dan kalsium. Buah ini juga mengandung mineral dan vitamin yang penting yang bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

  1. Tomat

Tomat adalah sumber vitamin C dan likopen. Vitamin C membantu mendorong penyerapan zat besi dalam darah.

  1. Jeroan

Jeroan, seperti hati, mengandung banyak zat besi. Hati juga kaya akan vitamin B12, seng dan fosfor. Anda dapat memanggang hati dalam oven dan kemudian menyantapnya. Hati bisa meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh, sehingga dapat melawan anemia.

  1. Makanan kaya zat besi

Makanan yang kaya zat besi dapat mengatasi anemia. Hemoglobin terdiri dari besi dan beberapa protein. Oleh karena itu, Anda perlu menyertakan makanan kaya zat besi dalam menu harian Anda. Makanan yang kaya zat besi adalah bayam dan sayuran berdaun hijau, tiram, hati, beras merah, kurma, kismis, anggur dan biji wijen hitam.

Inilah sepuluh makanan yang dapat meningkatkan jumlah darah merah dalam tubuh. Ingat, anemia bisa mengganggu aktivitas harian Anda, jika tidak dikontrol dengan baik. Demian artikel Makanan Sehat Penambah Darah (Anemia), semoga artikel kami dapat bermanfaat untuk pembaca semua.

Makanan Sehat Penambah Darah (Anemia)

Iklan

Posted on 3 Juli 2015, in Makanan Sehat Penambah Darah (Anemia) and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: